Apa yang dimaksud dengan HOAX? Ini Jawabannya



Ketika itu, saya masih duduk di bangku SMA. Sedang ramai-ramainya pemilihan presiden 2 tahun yang lalu. Saya senang mencari berta dari kedua pasangan calon presiden. Berita yang di lihat, ada yang memberitakan program kerjanya ke depan, berita kampanye, berita blusukan, berita kunjungan dsb.





Lalu ada yang menarik saya membaca satu berita, yaitu Jokowi komunis, Jokowi antek China, Jokowi PKI, Prabowo dimusuhi banyak jenderal, Prabowo melanggar HAM dan masih banyak lagi.

Kemudian saya betanya-tanya apa benar berita itu? Apa hanya isu politik saja? Atau hanya sebuah langkah dari satu pasangan calon untuk membuat isu negatif? Selanjutnya, saya berdiskusi dengan teman maupun guru saya di SMA soal berita-berita yang beredar. 


Ada yang bilang iya, ada pula yang bilang berita hoax. Lalu saya cari di mbah google apa itu hoax? apa itu berita hoax?

"Yang dimaksud dengan hoax adalah bohong, palsu, tidak benar, dibuat-buat untuk mempengaruhi orang lain."
"Berita hoax adalah sebuah informasi palsu yang dibuat-buat untuk mempengaruhi seseorang."

Dengan kemajuan teknologi dan semakin banyaknya pengguna internet, maka wajar jika banyak berita, dan informasi yang palsu, bohong, tidak berdasarkan fakta, dan sumber yang tidak jelas. Lalu apa yang membuat seseorang menebar kebencian di media sosial, membuat berita yang tidak berdasarkan fakta?

Tips Hindari Berita Hoax dan 4 Cara Menyikapinya

Dalam ilmu jurnalistik, ada syarat-syarat sebuah berita, yaitu fakta. Fakta adalah sebuah informasi yang harus sesuai dengan kejadian atau peristiwa yang benar terjadi atau nyata. Selain syarat, adapun unsur-unsur berita yaitu 5W+1H What, Who, Why, When, Where, dan How.

Waspadalah dalam melihat informasi, melihat fakta dan opini, dan berita yang sekarang ini banyak yang tidak sesuai dengan fakta atau hoax.



Bagaimana Menciptakan Pilkada DKI yang Aman dan Bersih?

Cara Dapet Duit di Internet? Ini Caranya

Sumber gambar :
http://www.bbc.com/indonesia/trensosial-37843842

Related Posts:

0 Response to "Apa yang dimaksud dengan HOAX? Ini Jawabannya"